Cara Mengatasi Komplain Hilang Laundry Kiloan


Hampir semua laundry di Indonesia terutama yang berjenis laundry kiloan sering mengalami komplain hilang. Komplain hilang yang dimaksud adalah jumlah pakaian yang diterima oleh si customer tidak sesuai dengan jumlah awal ia menaruh pakaian. Ini adalah hal yang sangat membuat banyak pengusaha laundry kebingungan.

Namun, sekarang banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi komplain kehilangan pakaian. Cara paling umum yang bisa dilakukan adalah menerapkan sistem satu mesin untuk satu customer.

Cara tersebut jelas mampu meminimalisasi kehilangan pakaian. Namun, tidak menutup kemungkinan peluang terjadinya komplain kehilangan pakaian masih akan terus terjadi. Mengapa? Hal ini dikarenakan peluang tertukarnya pakaian customer dapat terjadi di mana saja, entah ketika mengangkut keranjang, ketika menyetrika, ataupun ketinggalan di dalam mesin.

Oleh karena itu, kami akhirnya menerapkan sistem verifikasi 7 kali penghitungan. Verifikasi 7 kali penghitungan dimulai dari penghitungan di depan customer, penghitungan sebelum masuk ke mesin cuci, penghitungan setelah keluar dari mesin cuci, penghitungan setelah keluar dari pengering, penghitungan sebelum menyetrika, penghitungan sebelum packing, dan penghitungan sebelum customer meninggalkan lokasi laundry kita.

Sistem verifikasi 7x penghitungan, saya rasa belum cukup juga untuk meminimalisasi komplain kehilangan karena banyak customer yang suka mengada-ada dalam komplain kehilangan pakaian.

Oleh karena itu, kami menyediakan CCTV yang berguna untuk menyelidiki setiap pakaian yang ditaruh oleh customer. Jika ada customer komplain mengenai kehilangan yang kurang masuk akal, maka kami akan memutar rekaman CCTV di hadapan customer tersebut. Oleh karena itu, customer mungkin akan merasa malu sendiri ketika menyaksikan rekaman CCTV tersebut. Hal ini dikarenakan barang yang dikomplain hilang ternyata tidak benar-benar hilang karena berdasarkan rekaman CCTV, customer tersebut tidak pernah memasukkan pakaian yang dikiranya hilang.

Jika setiap laundry yang ada di Indonesia benar-benar memperhatikan hal ini dengan baik, maka customer pun akan merasa senantiasa aman dalam aktivitas menggunakan jasa laundry kiloan. Ayo maju laundry kiloan Indonesia! Kita pasti bisa! Jika Anda ingin mempelajari berbagai ilmu super mengenai bisnis laundry, Anda bisa mendaftarkan diri Anda di Pelatihan Laundry kami yang bisa dilihat di www.PelatihanLaundryJakarta.com sampai jumpa di ruang kelas pelatihan laundry!

Laundrix

Laundry Profesional Bergaransi

"Kami telah dipercaya melayani urusan cuci-mencuci untuk seluruh wilayah Jabodetabek sejak 2016. Kami selalu menggaransi kepuasan setiap pelanggan kami. Kini, saatnya Anda menikmati layanan kami!" WA: 0858-11711-080

 
laundrix laundry