Modal Usaha Laundry

Modal usaha laundry memang tergolong kecil. Segala kebutuhan yang akan digunakan dalam bisnis ini pun tak begitu banyak. Paling banter, Anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk gaji pegawai, parfum, listrik, air dan sewa bangungan. Itu hanya hitung-hitungan kasar. Kalau kita mau perinci lagi, modal usaha laundry sangat serius. Ada yang namanya pengeluaran tak terduga dan potongan pendapatan untuk keperluan teknis. Itulah mengapa, saat Anda memutuskan untuk membangun bisnis laundry, Anda harus benar-benar serius. Terlebih, usaha ini bukan usaha yang hanya sekejap bisa dapat untung besar. Bisnis laundry adalah jenis usaha yang keuntungannya akumulasi dari beberapa waktu.

Modal Usaha Laundry
via laundry home
Modal usaha laundry sendiri biasanya tak lebih dari 20 juta. Ini kalau bicara dalam skala rumahan. Berbeda kalau bicara dalam skala besar, modal yang dibutuhkan bisa mencapai 100 juta.Hitung-hitungannya pun hampir sama dengan semua bisnis, ada modal, pengeluaran dan pemasukkan. Tiap modal yang dikeluarkan harus bisa balik dengan mengandalkan pemasukkan. Tapi biasanya, pemasukkan ini tidak sampai full. Ada yang namanya potongan untuk keperluan bisnis. Seperti bayar listrik, gaji pegawai, dan lain sebagainya. Perencanaan keuangan yang baik adalah modal dasar untuk usaha laundry.

Modal usaha laundry juga tidak berpengaruh pada laris atau tidaknya bisnis Anda. Itu tergantung market yang Anda incar. Ya, katakanlah berpengaruh –tapi tidak terlalu besar. Jadi rasanya percuma kalau Anda punya modal besar, tapi marketnya tidak ada. Sebaliknya, Anda bisa modal kecil asal punya market yang jelas. Ya, jadi sebelum memutuskan berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk usaha laundry, ada baiknya mensurvey target pasar. Hal ini juga bisa meminimalisir kerugian dan bahkan bisa melipatgandakan modal.

Misalnya, Anda punya modal 100 juta dan membangun usaha laundry di perumahan yang notabennya banyak yang sudah berkeluarga, tentu modal yang Anda keluarkan akan sangat lama baliknya. Itu karena kebanyakan orang yang ada di perumahan tersebut bisa mencuci pakaian sendiri dan jarang memakai jasa Anda. Berbeda kalau Anda punya modal 20 juta, tapi Anda membangun bisnis laundry di kawasan perhotelan atau kawasan kampus. Tak sampai setahun, modal tersebut akan balik. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang modal usaha laundry, silahkan mengikuti pelatihan laundry kami, klik www.PelatihanLaundryJakarta.com

Laundrix

Laundry Profesional Bergaransi

"Kami telah dipercaya melayani urusan cuci-mencuci untuk seluruh wilayah Jabodetabek sejak 2016. Kami selalu menggaransi kepuasan setiap pelanggan kami. Kini, saatnya Anda menikmati layanan kami!" WA: 0858-11711-080

 
laundrix laundry